Home / Agenda Kegiatan / Jurnal Sosiologi Walisongo (JSW) Melakukan Konsolidasi Pasca Perolehan SINTA 2

Jurnal Sosiologi Walisongo (JSW) Melakukan Konsolidasi Pasca Perolehan SINTA 2

Kegembiraan tim Jurnal Sosiologi Walisongo (JSW) terlihat di ruang terbuka di tempat makan sekitar kampus UIN Walisongo, Rabu (15/1/2020). Keceriaan tak lain pasca JSW terakreditasi dengan Peringkat 2 (SINTA 2) dalam terbitan yang ke-5 (2,5 tahun) berdasarkan SK Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 36/E/KPT/2019, tanggal 13 Desember 2019. Sesuai dengan SK tersebut saat ini UIN Walisongo Semarang memiliki 8 (delapan) jurnal yang terakreditasi SINTA 2, diantaranya (1) Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan; (2) Jurnal Theologia; (3) Jurnal Al-Ahkam; (4) Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam; (5) Sawwa: Jurnal Studi Gender; (6) Economica: Jurnal Ekonomi Islam; (7) Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi; dan (8) JSW: Jurnal Sosiologi Walisongo.

Melalui SINTA, dapat dilakukan pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, kinerja jurnal dan kinerja fakultas. Tahun 2020 menjadi babak baru bagi JSW yang dikelola oleh dosen-dosen Sosiologi FISIP. Keberhasilan yang diperoleh JSW tak lain dari kerja keras dan tim yang solid. Perolehan peringkat SINTA 2, tim JSW tentu harus merekatkan lebih erat lagi dalam kinerjanya maka, perlunya konsolidasi tim JSW.

Konsolidasi dipimpin langsung oleh Dr. Hj. Misbah Zulfa Elizabeth, M.Hum (Editor in Chief) JSW, dihadiri pula Helmi Suyanto (Rumah Jurnal UIN Walisongo dan Relawan Jurnal Indonesia Jateng), dan semua editor JSW.

Misbah Zulfa Elizabeth mengatakan, konsolidasi tim ini untuk mensolidkan kembali pasca JSW memperoleh peringkat SINTA 2 diakhir tahun 2019. Selain itu, editor in chief  juga mengapresiasi tim JSW yang selama 2,5 tahun terlibat dalam proses manajamen dan penerbitan. Tim JSW tidak boleh kendor semangatnya untuk terus memperbaiki manajemen dan persiapan artikel berbahasa Inggris, tuturnya.

“Bagi Misbah Zulfa Elizabeth, ini kado spesial sekaligus tantangan ke depan untuk tim JSW dalam merawat hard work dan kerja profesional kerjurnalan”, tambahnya.

Prestasi yang diraih JSW membuktikan bahwa kualitas jurnal yang dikelola oleh prodi sosiologi telah diakui masyarakat ilmiah Indonesia. Diharapkan jurnal lain yang telah dirintis oleh program studi di FISIP mampu mengikuti jejak langkah untuk meningkatkan kualitas keilmuan FISIP dan secara umum Indonesia.

About Admin Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Check Also

Dekan FISIP Harap Dharma Wanita Ikut Buat Plan Bisnis

FISIP Online: Semarang- Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo Semarang, Dr.Hj. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *