Pelantikan Pengurus Ormawa FISIP dan Bedah Buku Islam Demokrasi di Indonesia

FISIP Online: Semarang, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo Semarang mengadakan pelantikan pengurus baru organisasi mahasiswa (Ormawa) FISIP, guna mengesahkan anggota kepengurusan baru yaitu pengesahan pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FISIP, Senat Mahasiswa (SEMA) FISIP, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sosiologi dan Politik perioderisasi 2020- 2021 (Rabu, 19/02/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Dekan FISIP Dr. Misbah Zulfa Elizabeth M.Hum, beserta jajaran wakil Dekan FISIP yaitu Dr. Ahwan Fanani M.Ag, kemudian Dr. Tolkhatul Khoir M.Ag, dan Dr. Amin Farikh M.Ag. Acara yang berlangsung di Laboratorium Dakwah dalam pelantikan Ormawa ini mengusung tema “Semangat Kebersamaan Ciptakan Ormawa FISIP yang Berkemajuan”, juga berkeinginan agar pengurus baru dapat memaksimalkan kontribusinya untuk kebaikan dan kemajuan FISIP.

Wakil Dekan 3 FISIP, Dr. Amin Farikh M.Ag dalam acara pelantikan, membacakan Surat Keputusan tentang pengesahan masing-masing ormawa (DEMA, SEMA, HMJ) yang dilanjut dengan mengucap sumpah pengesahan pengurus masing-masing ormawa yang dipandu oleh Dekan FISIP Dr. Misah Zulfa Elizabeth, M.Hum.

Kemudian dalam pidato sambutannya, Dr. Misbah Zulfa Elizabeth, mengemukakan 3 prinsip PTKIN, yaitu Diniyah (agama), Ilmiah (pengetahuan), dan Ukhuwah (persaudaraan). “Saya mengacu pada 3 prinsip tersebut dan untuk prioritas UIN Walisongo sebagai kampus adalah penguatan unity of science , serta green and smart campus “. Dan harapannya juga “Kemajuan fakultas tidak hanya dari dekannya tetapi mahasiswa juga ambil alih dalam prosesnya. Organisasi sebagai wahana mehasiswa untuk bisa mensupport kemajuan fakultas. Dan tidak ada kata terlambat dalam belajar” tuturnya.

Di samping itu Tarmuji, selaku perwakilan alumni DEMA FISIP mengatakan “organisasi itu tempatnya masalah. Dan masalah itu kita jadikan sebagai proses berkembang mengembangkan diri” ujarnya.

Hakim, selaku ketua HMJ Sosiologi juga menyampaikan harapannya untuk FISIP dan anggota Ormawa lainnya “harapan saya untuk hmj sos sendiri semoga bisa lebih baik dari tahun- tahun sebelumnya, dan juga semoga hmj sos bisa mewujudkan apa yang menjadi visi & misi fakultas dan jurusan sosiologi. Semoga bisa bersinergi dengan jurusan dan sama sama memajukan sosiologi FISIP UIN Walisongo. Saya juga ingin bersinergi dengan ormawa lain di fisip, baik dema maupun hmj politik untuk sama- sama mensukseskan semua program fakultas’’ ujarnya.

Setelah acara pelantikan tersebut kemudian dilanjut dengan acara bedah buku karya Kepala Jurusan Sosiologi, Dr. Mochamad Parmudi M.Si, yang berjudul Islam dan Demokrasi di Indonesia. Beliau menerangkan bahwa demokrasi telah diterapkan pada masa Nabi Muhammad Saw dan Khulafaurrasyidin. ” Democracy is fake but feat . Demokrasi itu palsu tapi perlu” sepenggal kata-kata dari bukunya.

 

Posted in Agenda Kegiatan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *