FISIP UIN Walisongo Gelar Pelepasan Wisudawan Angkatan ke-4 secara Virtual dengan Tema: Solidaritas Mahasiswa Untuk Indonesia

 

FISIP Online, Semarang – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang menggelar acara pelepasan calon wisudawan dan wisudawati angkatan ke-4 dengan bertemakan “Solidaritas Mahasiswa Untuk Indonesia” dengan diikuti sebanyak 34 wisudawan dan wisudawati periode April dan Juli. Acara ini dilaksanakan secara virtual di ruang A1 Gedung FISIP pada Rabu (05/08/2020). Acara ini dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Hj. Misbah Zulfa Elisabeth, M.Hum, Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Dosen dan diikuti secara virtual oleh para calon wisudawan dan wisudawati beserta orang tuanya di tempat kediaman masing-masing.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne Universitas Islam Walisongo Semarang dengan dilanjutkan doa untuk korban bencana di Indonesia yang dibawakan oleh H. Adib, S.Ag., M.si .

Ketua Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Afidatun Nisa S.Sos menyampaikan bahwa ada yang lebih penting dari sekedar IPK terbaik, gelar atau pengalaman organisasi selama menjalani perkuliahan, semua itu akan terkalahkan dengan attitude baik seseorang. Karena dengan attitude baik itulah yang akan menjadi bekal utama para calon wisudawan dan wisudawati dalam terjun langsung ke masyarakat, ungkap Afidatun Nisa.

Vivi Rizqi Nugrahaeni sebagi perwakilan dari calon wisudawan dan wisudawati menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik adalah sebuah prestasi dan kesuksesan. Dalam menyelesaikan masa studinya dibutuhkan waktu yang tidak singkat dan perjuangan yang luar biasa untuk menghantarkan para calon wisudawan dan wisudawati dalam acara ini. Ia juga menyampaikan ucapan permohonan maaf dan ucapan terima kasih kepada para civitas akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang telah memberikan bimbingan dan mengajari selama kuliah.

Bapak Sumarto, mewakili orang tau wisudawan-wisudawati orang tua dari Ichsan Hermawan menyampaikan rasa terima kasih kepada Universitas Islam Negeri Walisongo khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dan berharap kedepannya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik bisa melahirkan wisudawan dan wisudawati yang lebih baik untuk kemajuan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Dr. Hj. Misbah Zulfa Elisabeth, M.Hum menyampaikan bahwa dihari yang bersejarah ini, pelepasan wisudawan dan wisudawati angkatan ke-4 ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom dan live streaming youtube. Beliau menyampaikan terima kasih kepada orang tua calon wisudawan dan wisudawati atas kepercayaannya dan dukungan yang diberikan kepada fakultas untuk mewujudkan para lulusan yang kompeten, kritis, dan eksploratif dengan basis nilai keislaman. Selain itu beliau juga menyampaikan agar para calon wisudawan dan wisudawati bersiap dalam menghadapi dunia global, revolusi industry 4.0 dan society 5.0. Beliau menutup sambutannya dengan menyampaikan pesan kepada calon wisudawan dan wisudawati agar mereka tetap memegang nilai – nilai baik dari walisongo dalam menjalankan kehidupan sehari – hari.

Di acara tersebut juga diumumkan mahasiswa berprestasi dari masing-masing periode. Mahasiswa berprestasi periode ke-3 berhasil diraih oleh Ichsan Hermawan dari prodi Sosiologi sedangkan Vivi Rizqi Nugrahaeni berhasil menjadi mahasiswa terbaik periode ke-4. Nama Vivi Rizqi Nugrahaeni kembali dipanggil sebagai mahasiswa dengan skripsi terbaik dari prodi Sosiologi dan Muhammad Arif sebagai mahasiswa terbaik dari prodi Ilmu Politik.

Acara di tutup dengan doa yang dipimpin oleh H. Amin Farih M.Ag dan pembacaan puisi Cinta Dalam Doa, gubahan kolaborasi dari sang maestro penyair : W.S Rendra dan Sapardi Djoko Darmono.

 

Penulis: Aisyii Maulida Azkiya dan Anang Kurniawan

Posted in Berita Kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *