FISIP UIN Walisongo Semarang dan FISIP UIN Ar-Raniry Aceh Jalin Kerjasama Kembangkan MBKM dan Penguatan Kelembagaan

Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang diusung Oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, memacu seluruh perguruan tinggi untuk meningkatkan peluang kerjasama antar lembaga baik sesama perguruan tinggi dalam satu kementerian maupun lintas kementerian bahkan swasta. Berbagai upaya kerjasama yang dijalin diharapkan bisa menjadi jembatan bagi perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu lulusan dan penguatan kelembagaan.

Mensinergikan kebijakan MBKM tersebut, FISIP UIN Ar-Raniry Aceh menggandeng FISIP UIN Walisongo dalam bingkai perjanjian kerja sama (PKS). Kedua belah pihak menyepakati bentuk Kerjasama dalam beberapa hal diantaranya adalah visiting lecturer, kolaborasi artikel ilmiah, penelitian dan pengabdian kolaboratif, seminar, peningkatan sumber daya manusia serta kegiatan lain yang mendukung penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Penandatanganan PKS tesebut dilaksanakan di Gedung A ruang rapat FISIP UIN Walisongo, pada hari Selasa, 15 November 2022. Acara penandatanganan PKS tersebut dihadiri segenap pimpinan FISIP UIN Walisongo, mulai wakil dekan, kajur, sekjur, kalab, kabag, dan Kasubag. Dalam sambutannya, Dekan FISIP UIN Walisongo, Misbah Zulfa Elizabeth menyatakan pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak dan Lembaga serta berharap Kerjasama tersebut bisa produktif bagi kedua pihak.

“Melalui kerjasama diharapkan bisa meningkatkan reputasi institusi, pengembangan diri dan hal lain yang ada di dalam institusi sehingga akan berkembang bersamaan. Paling penting dalam kerjasama yakni adanya sinergisitas dari kedua institusi dan kolaborasi yang baik dari keduanya. Kalau sudah demikian maka tujuan dari kerjasama ini akan terwujud,” Tutur, Elizabeth.

“Kami Bahagia sekali sudah disambut dengan baik. Maksud dari kedatangan kami adalah ingin menjalin kerjasama dengan FISIP UIN Walisongo tentang penguatan Tri Dharma dan sharing berkenaan MBKM serta hal lain yang bisa kami adopsi guna penguatan kelembagaan. Semoga Kerja Sama ini bisa langsung direalisasikan dalam bentuk kegiatan.” Kata Dekan FISIP UIN Ar-Raniry, Dr. Muji Mulia, M.Ag.

Setelah penandatanganan PKS, kegiatan langsung dilanjutkan dengan visiting lecture oleh Wakil Dekan I UIN Ar-Raniry, Eka Januar, M.Soc, Sc, yang menyampaikan kuliah tentang Etika dan Moral dalam Politik. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang A 7 FISIP UIN Walisongo bersama dengan mahasiswa Prodi Ilmu Politik semester 5 mata kuliah Etika Politik yang diampu oleh Bapak Drs. H. Nur Syamsuddin, M.Ag.

Related blog posts