Semarang, 4 Juli 2024 – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo Semarang menggelar kegiatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi dosen dan tenaga kependidikan (tendik) pada tanggal 2-4 Juli 2024 di Dieng Wonosobo. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai perangkat pembelajaran, serta memperkuat kemampuan tendik dalam memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa dan stakeholder lainnya.

Dekan FISIP UIN Walisongo, Prof. Imam Yahya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas SDM merupakan hal yang tidak bisa ditawar dalam rangka meningkatkan kompetensi dosen dan tendik. “Peningkatan kapasitas SDM FISIP, baik dosen maupun tendik, merupakan keniscayaan dalam rangka meningkatkan kompetensi Dosen dan Tendik. Bagi Dosen, penguatan kapasitas pembelajaran terutama dalam penggunaan AI sebagai perangkat pembelajaran. Sedangkan bagi Tendik, penguatan kapasitas pelayanan yang prima untuk mahasiswa dan stakeholder lainnya,” ujar Prof. Imam Yahya.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), sikap (attitude), dan perilaku (behaviour) SDM FISIP agar dapat mencapai tujuan dan target organisasi. “Tujuan kegiatan ini, salah satunya adalah peningkatan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku SDM FISIP untuk mencapai tujuan dan target organisasi,” tambahnya.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun sinergisitas antara pimpinan, dosen, dan tendik agar lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan tugas masing-masing. Kegiatan ini akan diakhiri dengan tadabur alam di kawasan Dieng sebagai bentuk syukur atas kebesaran Allah SWT dan nikmat yang telah diberikan. “Di samping itu, untuk membangun sinergisitas pimpinan, dosen, dan tendik agar efektif dan efisien dalam melaksanakan tugas masing-masing. Kegiatan akan diakhiri dengan melakukan tadabur alam di kawasan Dieng agar kita selalu mengagungkan kebesaran Allah SWT dan mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua,” jelasnya.

Pada kegiatan ini, materi untuk dosen disampaikan oleh Dr. rer. nat. AB Susanto, MSc., dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, dengan topik “Penguatan Kapasitas Pembelajaran di Era Artificial Intelligence (AI)”. Materi ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan keterampilan baru bagi dosen dalam memanfaatkan AI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Sementara itu, materi untuk tendik disampaikan oleh Dr. Mutho’am, S.Hi., M.S.I., dosen Universitas Sains Al-Qur’an (Unsiq), dengan topik “Capacity Building bagi Tenaga Kependidikan terkait Service Excellence”. Materi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tendik dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa dan stakeholder lainnya.

Kegiatan ini juga dilengkapi dengan pendalaman materi, praktek, dan simulasi secara berkelompok untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan para peserta. Dengan adanya praktek dan simulasi ini, diharapkan para peserta dapat menerapkan ilmu dan keterampilan yang didapatkan secara langsung dalam tugas sehari-hari.

Kegiatan peningkatan kapasitas SDM FISIP UIN Walisongo ini merupakan bagian dari upaya fakultas untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan, serta memastikan seluruh SDM memiliki kompetensi yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di era digital.

Writer: Najich Alfayn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *